Fitur Android L Hadirkan Keyboard Selector di Navigation Bar - Ali Droid's

Fitur Android L Hadirkan Keyboard Selector di Navigation Bar

Wednesday 2 July 2014

image credit: Android Police
Jika Anda telah mengikuti sejumlah ulasan tentang fitur-fitur terbaru di Android L, Anda bakal mendapati bahwa berbagai perubahan yang dirancang Google untuk meningkatkan kualitas user experince sangatlah detil. Ada indikator waktu yang dibutuhkan untuk recharge hingga penuh, akses quick setting untuk screen rotation lock, serta masih banyak lagi.

Temuan baru kini memperlihatkan bahwa opsi untuk memilih aplikasi keyboard favorit Anda telah dipindah ke tempat yang lebih menonjol; jika sebelumnya Anda harus membuka notifikasi drop-down terlebih dahulu untuk mengakses fitur keyboard selector, kini Anda bisa langsung mengaksesnya di pojok kanan bawah dari navigation bar.

Penempatan baru ini lebih masuk akal, mengingat fitur keyboard selector jelas bukan termasuk sebuah hal yang perlu ditampilkan di kolom notifikasi. Posisinya juga lebih dekat dengan keyboard, jadi mempercepat akses seandainya Anda ingin beralih dari satu aplikasi keyboard ke aplikasi lainnya.

Sisi minusnya, tampilan navigation bar mungkin agak terganggu; jika selama ini Anda terbiasa untuk melihat 3 ikon di tab ini, maka kini Anda harus membiasakan untuk melihat ada elemen ke-4 yaitu opsi keyboard selector. Tak hanya itu, posisinya yang berada di ujung kanan bawah juga sangat mungkin untuk tersentuh secara tak sengaja.

Perlu dicatat bahwa Android L versi developer preview ini untuk sementara hanya ada untuk Nexus 5 & Nexus 7 saja, dimana keduanya menggunakan tombol navigasi on-screen. Entah modifikasi seperti apa yang dihadirkan oleh produk-produk dengan tombol fisik seperti Galaxy S5 atau Galaxy Note 3 bagi fitur keyboard selector ini.

Source : Android Police
Share

2 comments:

 
Copyright © 2015. Ali Droid's.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License