WhatsApp Derita Kerugian $230 Juta Pada Paruh Pertama 2014 - Ali Droid's

WhatsApp Derita Kerugian $230 Juta Pada Paruh Pertama 2014

Wednesday 29 October 2014

Awal tahun ini Facebook membuat sebuah gebrakan penting; website social network terbesar di dunia tersebut mengakuisisi aplikasi layanan chat/messaging WhatsApp senilai $19 miliar. Yang lebih mengejutkan, Mark Zuckerberg selaku CEO sama sekali tak khawatir dengan tekanan para investor ketika menyatakan kalau dirinya masih belum berencana untuk melakukan monetisasi dalam layanan WhatsApp dalam waktu dekat.

Dalam laporan keuangan terbaru mereka, Facebook menyatakan bahwa WhatsApp menderita kerugian sebesar $230 juta pada periode 6 bulan pertama dari tahun 2014, sementara pendapatannya mencapai $15 juta. Hal tersebut bukan hal yang mengejutkan, mengingat pendapatan utama WhatsApp hanya lewat biaya berlangganan sebesar 99 sen per tahun yang dikenakan setelah pengguna memakai WhatsApp secara gratis di tahun pertama.

CEO WhatsApp Jan Koum mengatakan bahwa perusahaannya sempat melakukan sejumlah eksperimen demi membuat layanan mereka menjadi sebuah usaha yang menguntungkan. Namun setelah diakuisisi dan mendapatkan jaminan dukungan finansial berjangka panjang dari Facebook, WhatsApp pun mengalihkan fokusnya pada pertumbuhan jumlah pengguna. Koum yakin suatu saat pelanggan WhatsApp bakal mencapai miliaran, dan layanan mereka akhirnya bakal mulai menguntungkan setidaknya 5 tahun lagi.

Soal menghadirkan iklan dalam layanan WhatsApp (seperti halnya Facebook), Koum meyakinkan kalau WhatsApp sama sekali tak berencana untuk melakukan hal tersebut.
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Ali Droid's.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License